NAMA : DIANA SETYORINI
NIM : 14711259019
KELAS : DIKDAS P2TK
MATA KULIAH : PENGEMBANGAN LEARNING TRAJECTORY PENDIDIKAN DASAR
DOSEN PENGAMPU : Prof. Marsigit, MA.
1.
Tuliskan komentar/tanggapan
tentang VTR pembelajaran yang sudah ditonton!
Pada video
tersebut, menurut saya materi yang diajarkan adalah matematika, tentang
pekalian. Pada pembelajaran tersebut, guru menggunakan media pembelajaran
berupa tabel perkalian. Guru meminta siswa untuk memperhatikan tabel tersebut.
Lalu guru membagikan tabel perkalian kepada siswa untuk dicermati. Dengan
berdiskusi, siswa bisa menemukan perkalian yang sama, misalnya:
2 x 8 = 16 dan 8
x 2 = 16
Lalu siswa juga
bisa menemukan perkalian yang menggunakan bilangan sama atau dikenal kuadrat,
yaitu:
2 x 2 = 4, 3 x 3
= 9, 4 x 4 = 16
Dan terakhir
siswa bisa menemukan perkalian beda angka namun menghasilkan jumlah yang sama.
Misalnya
5 x 8 = 40 dan
10 x 4 = 40
Dengan demikian,
melalui tabel perkalian, siswa bisa menemukan berbagai macam operasi bilangan.
Sehingga pada akhir pembelajaran, guru bisa memberikan kesimpulan tentang
pembelajaran perkalian.
2.
Tuliskan pertanyaan
tentang VTR
a. Bagaimana
meningkatkan motivasi siswa agar menyenangi matematika?
b. Bagaimana
metode yang tepat untuk mengajarkan perkalian kepada siswa kelas rendah?
c. Bagaimana
mengatasi atau mengajar matematika siswa yang memiliki prestasi rendah?
3.
Tuliskan kelebihan dan
kekurangan metode dan perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya
praktikan dan seberapa jauh saya belajar dari VTR untuk mempengaruhi dan kemungkinan
memperbaiki praktek pembelajaran saya?
·
Jika dibandingkan
dengan video tersebut, maka pembelajaran yang saya lakukan selama ini, tidak
memiliki kelebihan, malah banyak kekurangannya. pembelajaran yang selama ini
saya laksanakan pada umumnya menggunakan metode
ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Dalam setiap pembelajaran, saya
juga agak jarang menggunakan media. Jika sudah menjelaskan tentang suatu
materi, maka saya akan menyuruh anak-anak maju untuk menyelesaikan soal.
Sebagian besar anak-anak bisa menjawabnya. Untuk perkalian, saya menggunakan
media berupa lidi atau kelereng. Tidak pernah terpikir bagi saya untuk
menggunakan tabel perkalian. Jika siswa sudah bisa menjawab soal yang terkait
dengan materi maka, pembelajaran atau mateari sudah saya anggap selesai. Namun,
saya tetap memberikan pekerjaan rumah kepada anak, agar lebih memahami lagi
materi yang sudah saya berikan.
·
Pengaruh video pembelajaran
tersebut bagi saya
Dengan melihat video
tersebut, saya merasa bahwa apa yang telah saya lakukan selama ini, masih
sangat biasa sekali. Saya mengajar dengan gaya tradisional, belum melakukan
inovasi pembelajaran. Untuk kedepannya, saya akan mencoba untuk melakukan
inovasi pembelajaran. Bagi saya, video tersebut, sangat mempengaruhi pola pikir
saya, bahwa, kita tidak harus selalu menjelaskan tentang materi, namun kita
bisa memberikan media pembelajaran atau lembara kerja, sehingga siswa bisa
berpikir sendiri, atau berkreatifitas sendiri. Hal ini bertujuan agar siswa
tidak selalu bergantung pada guru.
0 komentar:
Posting Komentar