Kamis, 16 April 2015

PEMAHAMAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN 
REALISTIK MATEMATIKA TEORI BRUNER

Oleh : Diana Setyorini 

Dalam penyampaian materi ada 3 tahapan penting yang harus diperhatikan dalam mengaplikasikan teori Bruner, yaitu:
1.      Tahapan Enaktif: Pengetahuan sebagian besar dalam bentuk respon motorik, siswa dapat lebih baik menunjukkan pekerjaan fisik ketimbang mendeskripsikan secara tepat tugas yang sama, dalam hal ini peserta masih membutuhkan benda konkret dari sesuatu.
2.      Tahapan Ikonik: Pengetahuan sebagian besar dibangun dari gambar gambar visual untuk membentuk informasi baru, cara penyajian ikonik didasarkan atas pikiran internal, pengetahuan disajikan oleh sekumpulan gambar-gambar yang mewakili suatu konsep, tetapi tidak mendefinisikan sepenuhnya konsep itu.
3.      Tahapan simbolik: Pada tahap ini pengetahuan sudah di bangun dengan menggunakan simbol-simbol matematika dan bahasa. Penyajian simbolik dibuktikan oleh kemauan seseorang lebih memperhatikan preposisi/ pernyataan daripada obyek-obyek yeng memberikan struktur hirarkis pada konsep-konsep an kemungkinan alternative dalam suatu cara kombinatorial
Materi yang akan disampaikan adalah tentang bangun datar. Dimana langkah-langkahnya menururt teori Bruner adalah:
1.      Pada tahap enaktif, siswa melihat berbagai macam benda yang memiliki bentuk yang berbeda-beda. Dari segituga, yaitu makanan risol yang berbentuk segitiga, lingkaran, jam dinding, layang-layang, papan tulis, meja, bak sampah, ketupat.
2.      Pada tahap kedua, ikonik,  siswa bisa menggambar berbagai macam bangun datar dengan melihat contoh.
3.      Pada tahap ketiga, simbolik, siswa sudah bisa menyebutkan pengertian berbagai macam bangun datar.
Materi pembelajaran :
Bangun datar merupakan bangun dua demensi yang hanya memiliki panjang dan lebar, yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung. Jenis bangun datar bermacam-macam, antara lain persegi, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, dan lingkaran.
Nama-nama Bangun Datar
  • Persegi Panjang, yaitu bangun datar yang mempunyai sisi berhadapan yang sama panjang, dan memiliki empat buah titik sudut siku-siku.
  • Persegi, yaitu persegi panjang yang semua sisinya sama panjang.
  • Segitiga, yaitu bangun datar yang terbentuk oleh tiga buah titik yang tidak segaris.. macam macamnya: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga siku-siku, segitiga sembarang
  • Jajar Genjang, yaitu segi empat yang sisinya sepasang-sepasang sama panjang dan sejajar.
  • Trapesium, yaitu segi empat yang memiliki tepat sepasang sisi yang sejajar.
  • Layang-layang, yaitu segi empat yang salah satu diagonalnya memotong tegak lurus sumbu diagonal lainnya.
  • Belah Ketupat, yaitu segi empat yang semua sisinya sama panjang dan kedua diagonalnya saling berpotongan tegak lurus.
  • Lingkaran, yaitu bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut biasanya dinamakan r, atau radius, atau jari-jari.




1 komentar: