Senin, 18 Mei 2015

LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA SD

LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA SD
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
ISI
BERPIKIR MATEMATIKA (Shigeo Katagiri)²
RME
PIAGET
BRUNER
PERANGKAT PEMBELAJARAN
FILSAFAT IDEOLOGI
REFERENSI¹
KURIKULUM 2013
  SIKAP   MATEMATIKA
  METODE    MATEMATIKA
   KONTEN   MATEMATIKA
1
1.
Diriku
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
bilangan
pendekatan saintifik
Mencoba untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan
 Berpikir yang mengungkapkan dengan angka, mengkuantifikasi, dan tokoh-tokoh
Klarifikasi dan memperluas makna hal-hal dan operasi, dan mencoba untuk berpikir berdasarkan ini (Idea operasi)
penyusunan RME menggunakan teori ice berg dari Moerlands  gambarnya di halaman selanjutnya.
tahap perkembangan untuk kelas 1 yaitu operasional konkret ( 7 - 11)
pada tahap enaktif siswa belajar dengan menggunakan benda konkret misal menggunakan kelereng. Tahap ikonik menggunakan gambar. Tahap simbolik, menggunakan angka.
collaborative learning
Konstruktivisme
2
1
Hidup rukun
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
bilangan
pendekatan saintifik
mencoba untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan tujuan
berpikir membangun
mencoba untuk berpikir berdasarkan prinsip-prinsip dasar ekspresi
penyusunan RME menggunakan teori ice berg dari Moerlands  gambarnya di halaman selanjutnya.
tahap perkembangan untuk kelas 2 yaitu operasional konkret ( 7 - 11)
pada tahap enaktif siswa belajar dengan menggunakan benda konkret misal menggunakan kubik mainan Tahap ikonik menggunakan gambar kubus bersusun. Tahap simbolik, menggunakan angka.
collaborative learning
Konstruktivisme
3
4
Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul

Memahami konsep  pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar (k3)
bilangan
pendekatan saintifik
mencoba untuk memilah dan mengatur objek ketika mengekspresikan mereka
berpikir membangun
klarifikasi memperluas makna hal-hal dan operasi dan mencoba berpikir berdasarkan ini (idea operasi)
penyusunan RME menggunakan teori ice berg dari Moerlands  gambarnya di halaman selanjutnya.
tahap perkembangan untuk kelas 3 yaitu operasional konkret ( 7 - 11)
pada tahap enaktif siswa belajar dengan menggunakan benda konkret misal menggunakan kelereng. Tahap ikonik menggunakan gambar kelereng. Tahap simbolik, menggunakan angka.
collaborative learning
Konstruktivisme
4
3.
Peduli terhadap makhluk hidup
4,3
Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi
kemungkinan jawaban
bilangan
pendekatan saintifik
mencoba menemukan masalah matematika dalam fenomena
berpikir yang melambangkan
klarifikasi memperluas makna hal-hal dan operasi dan mencoba berpikir berdasarkan ini (idea operasi)
penyusunan RME menggunakan teori ice berg dari Moerlands  gambarnya di halaman selanjutnya.
tahap perkembangan untuk kelas 4 yaitu operasional konkret ( 7 - 11)
pada tahap enaktif siswa belajar dengan menggunakan benda konkret misal kue atau roti. Tahap ikonik menggunakan gambar lingkaran yang di pisah-pisah, Tahap simbolik, menggunakan angka pecahan.
collaborative learning
Konstruktivisme
5
1
Benda-benda di lingkungan sekitar
3.2
Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian
bilangan
pendekatan saintifik
mencoba menemukan masalah matematika dalam fenomena
berpikir yang mengungkapkan dengan angka, mengkuantifikasi dan tokoh
klarifikasi memperluas makna hal-hal dan operasi dan mencoba berpikir berdasarkan ini (idea operasi)
penyusunan RME menggunakan teori ice berg dari Moerlands  gambarnya di halaman selanjutnya.
tahap perkembangan untuk kelas 5 yaitu operasional konkret ( 7 - 11)
pada tahap enaktif siswa belajar dengan menggunakan benda konkret misal kue atau roti. Tahap ikonik menggunakan gambar lingkaran yang di pisah-pisah, Tahap simbolik, menggunakan angka pecahan.
collaborative learning
Konstruktivisme
6
1
Selamatkan makhluk hidup
3.1
Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
bilangan
pendekatan saintifik
mencoba untuk meningkatkan pemikiran dari tingkat konkret ke tingkat abstrak
berpikir yang mengungkapkan dengan angka, mengkuantifikasi dan tokoh
klarifikasi memperluas makna hal-hal dan operasi dan mencoba berpikir berdasarkan ini (idea operasi)
penyusunan RME menggunakan teori ice berg dari Moerlands  gambarnya di halaman selanjutnya.
tahap perkembangan untuk kelas 6 yaitu operasional konkret ( 7 - 11)
pada tahap enaktif siswa belajar dengan menggunakan benda konkret misal kue atau roti. Tahap ikonik menggunakan gambar lingkaran yang di pisah-pisah, Tahap simbolik, menggunakan angka pecahan.
collaborative learning
Konstruktivisme
Sumber:

1
Deboys, M. And Pitt E., 1979, Lines Of Development in Primary Mathematics, Belfast; The Open University

2
Katagiri, S., 2004, Mathematical Thinking and How to teach it, Tsukuba; Criced.



RME KELAS 1

RME KELAS 2
RME KELAS 3

RME KELAS 4


RME KELAS 5

RME KELAS 6



LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA SD KELAS 1
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
REFERENSI
1
1.
Diriku
3.1.
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan Bilangan dengan bahasa yang sederhana.
Bilangan
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
Bilangan
3.5.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Geometri 2d dan 3d
4.1.
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Bilangan
4.7.
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
geometri 2d
4.8.
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
Pengukuran
4.3.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
3.12.
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah angotanya.
Pengukuran
4.6.
Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu.
geometri 2d
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
2.
Kegemaranku
3.4.
Mengenal dan dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit.
Bilangan
4.4.
Mendeskripsikan mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
Representasi bergambar
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
3.11.
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek).
Pengukuran
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
4.1.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
3.12.
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah angotanya.
Pengukuran
3.5.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Geometri 2d dan 3d
4.7.
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
Geometri 2d
4.8.
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
Pengukuran
3.
Kegiatanku
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
3.5.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Geometri 2d dan 3d
3.9.
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah angotanya.
Pengukuran
4.1.
Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Bilangan
4.3.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
4.7.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
4.
Keluargaku
3.1.
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan Bilangan dengan bahasa yang sederhana.
Bilangan
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
3.3.
Mengenal dan dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit.
Bilangan
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
Bilangan
3.5.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Geometri 2d dan 3d
3.9.
Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat).
Pengukuran
3.10.
Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).
Pengukuran
3.11.
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek).
Pengukuran
4.3.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
4.4.
Mendeskripsikan mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
Representasi bergambar
4.7.
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
Geometri 2d
4.8.
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
Pengukuran
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
5.
Pengalaman
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
3.1.1.
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang atau lebih pendek)
Pengukuran
3.1.2.
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah angotanya.
Pengukuran
3.2.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Geometri 2d dan 3d
3.4.
Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).
Pengukuran
3.5.
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
Pengukuran
3.7.
Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana.
Bangun 2 dimensi
3.8.
Menentukan pola dari barisan bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di alam sekitar
Bangun 2 dimensi
4.1.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
4.3.
Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Bilangan
4.7.
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
Geometri 2d
4.8.
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Bilangan
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
6.
Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
3.1.
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan Bilangan dengan bahasa yang sederhana.
Bilangan
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 Dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
Bilangan
3.5.
Mengenal bangun datar dan  bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,  Sekolah, atau  tempat bermain.
Geometri 2d dan 3d
3.8.
Mengenal panjang, luas, waktu, dan suhu.
Pengukuran
3.9.
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang atau lebih pendek).
Pengukuran
4.1.
Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
4.2.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
4.5.
Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya.
geometri 2d
4.7.
Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
geometri 2d
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
7.
Benda, Binatang, dan Tanaman di Sekitraku
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
Bilangan
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
Bilangan
3.6.
Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana.
geometri 2d
3.7.
Menentukan pola dari barisan bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di alam sekitar.
geometri 2d
3.10.
Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).
Pengukuran
3.11.
Membandingkan dengan memperkirakan
panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek).
Pengukuran
3.12.
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
Pengukuran
4.2.
Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang
Bilangan
4.3.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
4.4.
Mendeskripsikan mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
Representasi bergambar
4.6.
Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu.
geometri 2d
4.8.
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
Pengukuran
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
8.
Peristiwa Alam
3.3.
Mengenal dan dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit.
Bilangan
3.4.
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
Bilangan
3.7.
Menentukan pola dari barisan bangun datar
sederhana menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar.
geometri 2d
3.8.
Mengenal panjang, luas, waktu, dan suhu.
Pengukuran
3.12.
Menentukan urutan berdasarkan panjang
pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
Pengukuran
4.3.
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain, serta memeriksa kebenarannya.
Bilangan
4.4.
Mendeskripsikan mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
Representasi bergambar
4.9.
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar














LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA SD KELAS 2
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
REFERENSI
2
1.
Hidup Rukun
3.1.
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
Bilangan
4.1.
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Bilangan
2.
Bermain di lingkunganku
3.3.
Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka.
Bilangan
4.5.
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban
Bilangan, waktu, pengukuran, uang
3.2.
Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkret
Bilangan
4.2.
Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan
Bilangan
3.10.
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
Pengukuran
4.3.
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Bilangan
3.
Tugasku Sehari-hari
3.5.
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
Waktu
4.5.
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban
Bilangan, waktu, pengukuran, uang
4.
Aku dan Sekolahku
3.4.
Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
Uang
4.4.
Mendemonstrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
Uang
4.5.
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban
Bilangan, waktu, pengukuran, uang
5.
Hidup Bersih dan Sehat
3.8.
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat, dan segi enam beraturan.
geometri 2d
4.6
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
geometri 3d
3.9.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
geomteri 2d dan 3d
3.7.
Mengenal ruas garis dan garis lurus.
Bilangan
6.
Air, Bumi, dan Matahari
3.6.
Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
Panjang, berat.
3.10.
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
Panjang, berat.
4.5.
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Bilangan, waktu, pengukuran, uang
7.
Merawat Hewan dan Tumbuhan
3.10.
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
Panjang, berat.
4.9.
Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
4.11.
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
Representasi bergambar
4.10.
Membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf.
Representasi bergambar
8.
Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
3.5.
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
Waktu
4.5.
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat, dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban.
Bilangan, waktu, pengukuran, uang
3.6.
Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
Panjang, berat.
4.7.
Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta.
Representasi bergambar
4.11.
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.
Representasi bergambar



LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA SD KELAS 3
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
REFERENSI
3
1.
Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
1.1.
Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)
Bilangan
1.2
Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)
Bilangan
2.
Pengalaman yang Mengesankan
2.1
Memahami letak bilangan pada garis bilangan  (k4)
Bilangan
2.2
Memahami konsep bilangan bulat  menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan (k3)
Bilangan

2.3
Memahami konsep bilangan bulat  menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan (k3)
Bilangan
3.
Mengenal Cuaca dan Musim
3.2
Mengamati dan menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana (k3)
geometri 2d
3.3
Menggambar berbagai bangun datar dengan kelililing atau luas yang sama  (k4)
geometri 2d
4
Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul

Memahami konsep  pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar (k3)
Bilangan

Memahami konsep  pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar (k3)
Bilangan

Menerapkan konsep pecahan untuk membagikan secara adil satu potong atau beberapa potong kue, buah dan sejenisnya kepada sejumlah orang (k4)
Bilangan
5
Mari Kita Bermain dan Berolahraga
3.4.
Mendemonstrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
Uang
6
Indahnya Persahabatan

Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (k3)
Pengukuran
7
Mari kita hemat energi untuk masa depan

Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya (k4)
Bilangan, waktu, pengukuran, uang

Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta memeriksa kebenarannya
Bilangan, waktu, pengukuran, uang
8.
Berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari

Mengamati dan menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya),  simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit (k3)
geometri 2d

Mengamati dan menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya),  simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit (k3)
geometri 2d

Menata  benda-benda di sekitar dengan cara melipat rapi dengan memperhatikan simetri lipatnya (k4)
geometri 2d
9
Menjaga kelestarian lingkungan

Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya (k4)
geometri 2d

Menggambar hasil rotasi atau pencerminan suatu bangun datar  (k4)
geometri 2d

Menggambar hasil rotasi atau pencerminan suatu bangun datar  (k4)
geometri 2d
















LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA KELAS 4
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
REFRENSI
3
1.
Indahnya kebersamaan
3,12
Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
geometri 2d
4,13
Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar
geometri 2d
3,11
Menemukan bangun segi banyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui  pengamatan
geometri 2d
3,3
Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
bilangan

4,4
Melakukan pengubinan menggunakan
segi banyak beraturan tertentu.
geometri 2d

4,16
Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
representasi bergambar

3,2
Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan
bilangan

4,1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
representasi bergambar
2.
Selalu berhemat energi
3,1
Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan, atau perkalian pada kedua ruas sehingga diperoleh bentuk yang paling sederhana.
geometri 2d
3,4
Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima
himpunan


3,5
 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
himpunan


3,6
Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
himpunan


4,1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
himpunan
3.
Peduli terhadap makhluk hidup
3,1
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda konkret/gambar
bilangan
4,3
Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi
kemungkinan jawaban
bilangan
4
Berbagai pekerjaan
3,13
Memahami luas segitiga,           persegi panjang, dan persegi.
luas
4,9
Mengembangkan, dan  membuat berbagai pola numeric dan geometris.
representasi bergambar
3,14
Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
luas
4,1
Mengembangkan, dan membuat berbagai pola
representasi bergambar
5
Pahlawanku
3,7
Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
bilangan
4,2
Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
bilangan
3,3
Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
bilangan
4,17
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
representasi bergambar
3,14
Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegipanjang
luas
4,1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan  kalimat matematika dan memecahkan masalah denganefektif permasalahan yangberkaitan dengan KPK dan FPB,satuan kuantitas, desimal danpersen terkait dengan aktivitassehari-hari di rumah, sekolah, atautempat bermain serta memeriksa kebenarannya
representasi bergambar
3,9
Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
bilangan
3,8
Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
bilangan
6
Indahnya Negeriku
3,7
Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
bilangan
4,2
Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
bilangan
4,1
Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri, menyatakankalimat matematika danmemecahkan masalah denganefektif permasalahan yangberkaitan dengan KPK dan FPB,satuan kuantitas, desimal danpersen terkait dengan aktivitassehari-hari di rumah, sekolah, atautempat bermain serta memeriksa kebenarannya
representasi bergambar
3,14
Memahami penambahan dan
pengurangan bilangan decimal
bilangan
4,16
Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
representasi bergambar
3,16
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuranpanjang atau berat berdasarkanpembulatan yang disajikan dalambentuk tabel sederhana.
bilangan
4,15
Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda,diagram garis, dan diagramlingkaran.
representasi bergambar
4,9
Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dangeometris
representasi bergambar
7

3,15
 Mengenal sifat dari garis parallel.
bilangan

4,9
Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris
representasi bergambar
3,11
Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
geometri 2d
4,11
Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
geometri 2d
4,5
Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
geometri 2d
4,6
Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
geometri 2d
4,7
Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain
geometri 2d
3,12
Mengenal sudut siku­siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
geometri 2d

Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segiempat.
geometri 2d
8

4,8
Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
representasi bergambar
4,12
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui percerminan
representasi bergambar
9

3,3
Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
bilangan
4,17
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
representasi bergambar
3,16
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
bilangan
4,15
Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran
representasi bergambar











LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA KELAS 5
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
REFERENSI
5
1
Benda-benda di lingkungan sekitar
3.2
Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkalian dan pembagian
bilangan



4.1
mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
bilangan

2
Peristiwa dalam kehidupan
3.2
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
representasi bergambar

3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
representasi bergambar

4.1
Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber-sumber yang tersedia
representasi bergambar

4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka/4.1
bilangan

4.3
Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
himpunan

4.4
Menentukan nilai  simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan
bilangan

3
Kerukunan dalam Bermasyarakat
3.2
Mengenal konsep perbandingan dan skala
bilangan

3.4
Mengenal konsep perbandingan dan skala
bilangan

4.8
Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin
representasi bergambar

4.13
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
representasi bergambar

4
Sehat itu Penting
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
representasi bergambar

3.5
Mengenal dan menggambar denah letak benda sistem koordinat
representasi bergambar

4.8
Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai lintasan serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin
 
representasi bergambar

4.10
Menyajikan relasi dalam koordinat grafik dan gerak
representasi bergambar

5
Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
bilangan

3.4
Mengenal konsep perbandingan dan  skala
bilangan

4.2
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian bilangan satu atau dua angka
bilangan

4.11
Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
geometri 3d

4.13
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya
representasi bergambar

6
Organ Tubuh Manusia dan Hewan
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
representasi bergambar



3.6
Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).
himpunan



4.6
Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
waktu



4.12
Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
luas dan volume



4.13
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.
representasi bergambar

7
sejarah peradaban di Indonesia
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang  relevan, dan mengamati pola.
representasi bergambar
4.9
Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
geometri 2d

8
Komponen ekositem
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
bilangan
3.3
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antara simbol, informasi yang  relevan, dan mengamati pola.

3.7
menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
luas
4.5
Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
panjang
4.7
Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana
volume
4.11
Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
representasi bergambar

9
Lingkungan Sahabat Kita
3.8
Memahami arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
himpunan
3.9
Memahami konsep frekuensi relatif melalui percobaan dan tabel
representasi bergambar
4.3
Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
bilangan
4.14
Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram,dan diagram
lingkaran (grafik kue serabi).
himpunan
4.15
Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
representasi bergambar
4.16
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
representasi bergambar




















LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA KELAS 6
KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
REFERENSI
6
1
selamatkan makhluk hidup
3.1
Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
bilangan

3.3
Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
himpunan

3.4
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
himpunan

4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
representasi bergambar


4.3
Membentuk/ menggambar bangun datar gabungan serta menghitung luasnya
geometri 2d


4.4
Membentuk/ menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
volume


4.8
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
geometri 2d

2
Bhinneka tungga Ika
3.3
Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
himpunan

3.4
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
himpunan

3.11
Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
waktu

4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
representasi bergambar

4.3
Membentuk/menggambar bangun datar gabungan serta menghitung luasnya
luas

4.4
Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
volume

4.8
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik
representasi bergambar

4.9
Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
geometri 2d

3
tokoh dan penemu
3.1
Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)
bilangan

3.2
Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
geometri 2d

3.3
Memahami cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana
himpunan

3.4
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis.
himpunan

3.5
Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
himpunan

4
Globalisasi
3.11
Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
representasi bergambar



4.8
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
representasi bergambar

5

3.1
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
bilangan

3.11
Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
representasi bergambar

4.8
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
representasi bergambar

4.2
Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
geometri 2d

4.5
Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
geometri 2d

4.11
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah dengan skala tertentu
geometri 3d

6
kesehatan masyarakat
3.1
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
bilangan

3.4
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
himpunan

4.8
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
representasi bergambar





0 komentar:

Posting Komentar